RSS

Cara Menimbulkan Minat Baca

08 Dec

Membaca masih belum menjadi budaya di Indonesia, rata2 buku yang dibaca orang Indonesia masih sangat sedikit sekali. budaya baca harus kita kembangkan. ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan minat baca.

10 cara meningkatkan minat baca :

1. Apa tujuan anda membaca ?
Setiap orang membaca pasti ada tujuan entah hanya mengisi waktu luang, mencari tugas, atau ingin menambah pengetahuan. jika anda sudah punya tujuan anda akan mencari buku yang sesuai dengan tujuan anda.

2. Susun perencanaan dalam membaca
Membaca perlu perencanaan juga donk, biar apa yang terkandung dalam bacaan itu anda paham maksudnya. Perencanaan disini berhubungan dengan waktu dan suasana mood anda ketika membaca.

3. Atur Waktu
waktu sangat mempengaruhi fokus anda dalam membaca, jika anda membaca di saat yang tepat maka apa yng terkandung dalam bacaan bisa tersimpan dalam memori anda. Carialh waktu2 yang membuat anda nyaman dalam membaca.

4. Mulai setahap demi setahap
Bagi yang mau memulai budaya membaca lakukan setahap demi setahap. Membaca g perlu buku yang besar2, bisa dari selembar artikel bertahap ke buku yang tipis hingga ke buku yang tebel2.

5. Totalitas dalam membaca
Dalam membaca gunakan secara cermatr waktu dan kemampuan anda agar apa yang anda baca dapat anda terima ilmunya secarra maksimal

6. Teratur dalam mengikat makna
dalam membaca, pahamilah setiap kata yang anda baca agar makna yang dimaksud penulis tidak salah persepsi, maka teraturlah dalam mengikat seytiap makna.
7. Buat perpustakaan di rumah
Buat oeroustakaan di rumah mungkin mudah bagi orang yang berkecukupan tapi bagi orang yang biasa seperti saya terlalu berat, tapi anda bisa memanfaatkan persewaan buku ataupun perpustakaan milik pemerintah yang bisa anda manfaatkan.

8. Sampaikan apa yang anda baca
Agar apa yang anda baca lebih bermanfaat, sampaikanlah apa yang anda baca kepada semua orang. namun perlu diingat, anda harus tahu waktu dan tempat serta situasi agar orang yang anda ajak bicara tidak tersinggung.

9. bantu sahabat anda dalam membaca
Ajaklah teman2 anda untuk mulai gemar membaca karena membaca sangat bermanfaat bagi kita.

10. Carilah ilmu dari para ulama
Untuk semakin meningkatkan minat baca kita, bergaullah dengan orang2 yang gemar membaca dan dekatilah ulama karena anda bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dari ulama.

 
Leave a comment

Posted by on December 8, 2011 in Pembelajaran Bahasa Indonesia

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: