RSS

Wisata Kuliner Di Banjarmasin

25 Nov

Selain wisata religius, Banjarmasin juga memiliki wisata kuliner yang khas sekali, yaitu:
Soto Banjar
Soto Banjar adalah makanan khas dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh.

Soto Banjar

Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat. Kalau Anda mampir ke Banjarmasin jangan lupa menikmati hidangan sato Banjar ini dan rasakan kenikmatan soto banjar yang khas.

Lontong Orari
Lontong mungkin banyak juga di tempat lain namun di tempatku, lontong itu berbentuk segitiga seperti segitiga sama kaki. Lontong inipun dibungkus dengan daun pisang dan biasanya dimakan dengan 2 lauk saja yaitu Ikan Gabus dan Telor serta tentu saja menggunakan masak merah (Bhs. Banjar : Masak Habang).

Lontong+ikan Gabus
Namun yang paling enak tentu makannya dengan ikan gabus tapi tetap tergantung selera masing-masing. Lontong inipun harganya mulai dari 5000 rupiah sampai 8 ribu rupiah. Kalau di daerahku mungkin tidak ada lontong yang terlalu dikenal namun kalau anda ke Banjarmasin maka ada lontong yang terkenal yaitu Lontong Orari. Kenapa dinamakan Lontong Orari karena tempat jualan lontong tersebut tempat mangkalnya para pengguna Orari.
Nasi Kuning
Di Banjarmasin, tepatnya di sekitaran Pasar Lama, anda bisa menemukan banyak pedagang nasi kuning disana, bahkan kalau malam, harga lebih bervariatif mulai dari 2500 sampai 10 ribu rupiah. Jadi terserah pada anda mau makan
nya kapan.
Nasi kuning biasanya dijual dalam keadaan dibungkus dan biasanya dibungkus dengan daun pisang, lauknya bermacam-macam mulai dari Ikan gabus, Telor, Hati, Ayam, Itik sampai Daging Sapi dan dimasak dengan masak merah (Bhs. Banjar : Masak habang). Jadi terserah kita mau lauk apa namun tetap dengan masak merah.
Nasi kuning dibungkus daun pisang

Nasi kuning memang berwarna kuning karena nasinya diberi warna namun bukan perwarna pakaian tapi warna alami yaitu dari tumbuhan Kunyit (Bhs Banjar : Janar). Dan biar tidak penasaran, saya berikan fotonya namun tidak dalam keadaan dibungkus daun pisang.

 
Leave a comment

Posted by on November 25, 2011 in Tentang Banjarmasin

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: