RSS

Beberapa Novel Sastra Indonesia

23 Feb

Indonesia telah menghasilkan banyak karya sastra yang hebat, namun sayang tidak semuanya dikenal dengan baik oleh masyarakatnya sendiri. Inilah beberapa karya terbesar novel sastra Indonesia yang perlu kita kenal lebih dalam.

• Tetralogi Pulau Buru – Pramudya Ananta Toer

Tetralogi novel karya penulis yang dikenal dengan panggilan Pram ini terdiri atas: Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca. Kisahnya mengenai kehidupan seorang pemuda, anak pejabat pribumi, bernama Minke.

Ia lalu berkenalan dengan Nyai Ontosoroh, seorang gundik orang Belanda yang memiliki seorang putra dan putri. Kisah cinta Minke dengan putri Nyai Ontosoroh dibalut dengan kompleksnya situasi masa kolonial menjadi cerita yang sangat menghanyutkan.

Sebagai seorang penulis pria, Pram sungguh apik mengemas karakter unik Nyai Ontosoroh menjadi salah satu karakter wanita paling berkesan dalam sastra Indonesia.

• Layar Terkembang – Sutan Takdir Alisjahbana

Ini dia salah satu roman paling klasik di dunia sastra Indonesia. Berkisah mengenai Tuti dan Maria, kakak beradik yang jatuh cinta pada pria yang sama. Meski begitu karakter mereka digambarkan bertolak belakang; Tuti adalah wanita yang powerful, serius dan bekerja sebagai aktivis feminis sedangkan Maria tipikal wanita supel yang sangat ‘girly’.

Yusuf, pria yang dicintai kedua wanita itu, akhirnya memilih bertunangan dengan Maria. Tuti ‘melarikan diri’ pada organisasi pergerakan wanitanya. Sangat drama, dan mungkin dibaca sekilas alurnya terasa klise, namun Sutan Takdir membahasakannya dengan sangat indah dan ketika membacanya kita pun mendapat suasana Indonesia pada masa itu dengan sangat hidup.

• Para Priyayi – Umar Kayam

Umar Kayam, lengkap dengan gaya khasnya yang sedikit satir, sedikit nakal; memiliki serangkaian karya yang patut dikenang. Salah satunya adalah novel Para Priyayi ini, yang menggambarkan ambisi kaum tani untuk menjadi ‘priyayi’. Ambisi ini diwakili oleh sosok Sudarsono, anak petani yang mengganti nama menjadi Sastro Darsono.

Berkat pendidikan, ia dapat naik ke ‘level’ yang lebih tinggi, menjadi seorang ‘priyayi’ lengkap dengan semua kesibukannya. Namun siapa sangka, keluarga besar yang ‘priyayi’ ini pada akhirnya akan diselamatkan oleh seorang anak luar nikah dari keponakan jauh Sastro Darsono.

• Azab dan Sengsara – Merari Siregar

Bagi kita sekarang mungkin novel ini terasa seperti drama tragedi biasa, semacam Romeo dan Juliet, namun Azab dan Sengsara bicara lebih banyak dari sekadar kasih tak sampai antara Aminudin dan Mariamin, yaitu kritik sosial atas budaya kawin paksa dalam adat Minang.

Karena masalah perbedaaan ekonomi, ayah Aminuddin tidak merestui rencana pernikahan anaknya. Ia bahkan sampai melibatkan dukun untuk mencegah pernikahan putranya dengan Mariamin. Keduanya dengan berat menikah dengan orang lain dan menjalani hidup yang penuh ketidakbahagiaan dan berakhir dengan kematian.

• Kerudung Merah Kirmizi – Remy Sylado

Pengarang dengan banyak nama alias ini merupakan satu dari sedikit orang yang bisa menulis novel dengan ukuran sangat tebal, namun sekali Anda mulai membaca, maka sungguh sulit untuk berhenti.

Dalam novel ini, konflik percintaan antara Mryna dan Luc hanyalah sebuah latar untuk pesan-pesan yang lebih kuat: kritik sosial dan reformasi. Bahkan tantangan yang dihadapi LSM-LSM digambarkan dengan cukup gamblang di sini, dengan adanya karakter Om Sam yang kejam.

• Sepotong Senja untuk Pacarku – Seno Gumira Ajidarma

Bagaimana jika langit senja yang indah dapat dipotong sebesar kartu pos, dan dikirim untuk seorang pacar yang dirindukan? Seno selalu punya ‘twist’ yang unik dalam kisahnya, dan tidak jarang ia mengangkat langit sore sebagai elemen dalam cerita. Sepotong Senja untuk Pacarku dikenal sebagai salah satu karya terbaiknya.

 
Leave a comment

Posted by on February 23, 2011 in Pembelajaran Bahasa Indonesia

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: